«لَقَلْبُ ابْنِ آدَمَ أَشَدُّ انْقِلَابًا مِنَ القِدْرِ إِذَا
اجْتَمَعَتْ غَلْياً» رواه أحمد (6/4)، وصححه الألباني فِي “الصحيحة”
(1772).
“Sungguh hati anak Adam lebih cepat berbolak-balik dari periuk yang sedang sangat mendidih”.
Bismillah Alhamdulillah. Dalam kesempatan kali
ini Zaenal blog akan Sharing mengenai Menjaga Hati agar memancarkan
Hikmah. Tapi menjaga hati disini bukan lagunya "Yovie & the Nuno"
ya, namun Menjaga hati dengan menjauhkan dari segala perbuatan yang
mengotorinya. Kalo dalam lagunya "Tombo ati", ada 5 perkara yang dapat
mengobati hati. (dengerin sendiri ya lagunya Opick yang tombo ati!).
Baik, langsung saja kita mulai sharingnya tentang Menjaga Hati agar
memancarkan Hikmah. Namun sebelum itu kita Paparkan dahulu apa itu Hati
dan Fungsinya.
Hati
merupakan segumpal darah yang berada dalam tubuh. Penentu baik dan
buruknya amalan seseorang amat bergantung kepada hati. Maka hati adalah
bagaikan generator bagi seluruh anggota badan. Kedudukan hati di antara
anggota badan bagaikan raja di tengah kerajaan. Semua gerak-gerik
anggota badan akan bergantung kepada hati sebagaimana gerak-gerik
anggota pasukan bergantung kepada raja. Bila raja bersifat baik maka
prajuritnya pun akan baik pula, sebaliknya bila raja memiliki prilaku
buruk maka bala tentaranya pun akan berprilaku buruk pula.
Dalam menjalani kehidupan saat ini yang sangat lekat dengan kemaksiatan
serta hal-hal lain yang menyebabkan diri ini semakin jauh dari Allah
SWT. untuk itu diperlukan kiat-kiat perbaikan sebagai usaha untuk
semakin dekat dan semakin kenal kepada Allah SWT. Serta lebih ketat lagi
dalam Usaha Menjaga Hati agar memancarkan Hikmah
Syekh Abdul Qaddir Al Jailani berkata, Dunia seluruhnya adalah hikmah,
sedangkan amalan akhirat semuanya adalah kemampuan, ia dibangun di atas
hikmah, maka jangan tinggalkan amal untuk negeri hukum (akhirat) dan
jangan kau anggap sepele kekuasaan-Nya di negeri itu. Beramallah untuk
negeri hukum dengan menggunakan hukum-Nya. Janganlah merasa berat atas
ketentuan-Nya, dan janganlah menjadikan ketentuan itu sebagai alasan
untuk memperingan diri karena ia justru membutuhkan-Nya.
Orang beriman tidak suka menggenggam dunia, tetapi mengambil dari
bagiannya yang diberikan dan menetapkan hati bersama Allah. Berhentilah
di sana sampai cahaya dunia tersingkir, lalu memanggil hati untuk
memasukinya, pertalian sirri menghasilkan sirri yang tertuju ke hati,
dan hati menuju jiwa yang tenang dan organ organ tubuh yang tunduk.
Sekarang ia tetap bersama Allah seakan mahkluq tidak diciptakan untuk
bersandar kepadanya, seakan tiada mahkluq lain untuk Tuhan selain ia
sendiri bersama Allah Dzat Maha Berbuat dan ia terkenai perbuatan-Nya.
Tetaplah yang dicari, sedang ia pencarinya, tetaplah sumbernya dan ia
cabangnya, ia tidak melihat yang lain selain Dia, ia terlipat dalam
ciptaan,
ثُمَّ إِذَا شَاءَ أَنشَرَهُ
kemudian bila Dia menghendaki, Dia membangkitkannya kembali. (QS. Abasa : 22)
Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku orang bisu maka berikan aku kemampuan
agar aku dapat berbicara, berguna bagi manusia. Sempurnakan mereka
dengan baik, melalui usahaku, jika tidak, kembalikan aku pada kebisuan
semula.
Wahai manusia, sesungguhnya aku mengajakmu menuju kematian yang merah,
yaitu menentang nafsu hawa, tabiat, syetan, dan merdeka dari ikatan
ciptaan. Tinggalkan semua itu selain Al Haq. Bermujahadahlah dalam
keberadaan ini, janganlah putus asa.
Allah SWT. berfirman ,
كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِي شَأْنٍ
setiap masa Dia dalam berkehendak. (QS. Ar-Rahmaan : 29)
Di pengunjung zaman ini banyak terjadi perubahan yang meliputi
pergeseran pribadi. Itulah zaman fatrah (senggang), zaman kaum munafik
tumbuh menjamur bersama kemunafikkannya. Wahai munafik, rupanya kau
penghamba dunia, hanya ciptaanlah yang kau lihat. Kau beramal untuk
mereka, tetapi mengesampingkan pandangan kepada Allah. Tampak kau
beramal untuk akhirat, padahal segala amalmu tertuju untuk dunia.
Sabda Nabi Muhammad SAW., "Apabila orang berhias diri dengan amal
akhirat, sedangkan ia tidak menghendakinya dan tidak pula mencarinya,
sungguh terlaknat oleh penduduk langit melalui nama dan nasabnya."
Sesungguhnya aku memahami, wahai munafik, dari jalur hukum dan amal,
hanya aku sengaja menutupmu dengan tabir Allah. Celaka, apakah engkau
tidak malu dengan organ tubuhmu yang tidak pernah bersih dari maksiat
dan najis lahiri. Kau mendewakan orang suci, batu, kesucian hati, namun
bagaimana bentuk kebersihanmu, bagaimana sirri mu, di hadapan manusia ?
Engkau tidak pernah beradab, malah mengaku beradab di hadapan Allah.
Betapa rela para guru atas tingkahmu, sedang engkau tidak sudi menaruh
kesopanan dihadapannya apalagi sampai menerima perintahnya. Engkau duduk
di kantor dan kembali lagi. Tiada kata berarti hingga tauhidmu tegak
dan tegar di hadapan Allah.
Wahai sahaya, menerima ketentuan Allah itu lebih bagus daripada
memperoleh dunia di sertai na'ziah (pencabutannya). Kemanisannya lebih
manis jika berada di hati orang benar. Barang siapa memperoleh syahwat
dan kelezatan ini, bagi mereka itu lebih manis daripada dunia seisinya,
karena ia pembagus kehidupan.
Berbicaralah kepada manusia secara ilmiah di sertai amal, ikhlas, dan
jangan berbicara kepada mereka dengan ungkapan ilmiah tanpa di sertai
pembuktian amal, karena hal itu tidak membawa hasil bagimu juga bagi
orang yang mendengar pembicaraanmu.
Nabi SAW. bersabda, "Kelembutan ilmu itu dengan cara pengamalan jika di terima, dan jika tidak ia beralih darinya."
Apabila engkau menjadi ilmuwan yang suka berfitnah dengan ilmu yang
engkau kantongi, niscaya batangnya tetap ada, sedang buahnya lenyap
darimu.
Pintalah kepada Allah agar melimpahkan rejeki. apabila Dia berkenan
melimpahkan rejeki, pintalah bagaimana cara penyembunyiannya kalaupun
engkau tidak suka penampakan apa yang ada diantaramu dan Dia, itu
menjadi pertanda akan kehancuranmu.
Peliharalah diri dari rasa ujub dalam segala gerak agar engkau tidak
melampui batas dan tidak dibenci, menurut pandangan Allah. Peliharalah
dari kecintaan berbicara kepada manusia dan bergantung kepada mereka,
karena yang demikian membawa nadart bagimu. Jangan berbicara satu
kalimatpun sampai urusanmu termuat dalam jalur hati, suatu urusan wajib
dari Allah. Apa perlunya kamu mengajak manusia pergi ke rumahmu kalaupun
mereka tidak kamu suguhi.
Galilah hati nuranimu sampai memancarkan sinar hikmah, kemudian
bangunlah dengan ikhlas, mujahadah, dan amalan-amalan baik, sampai
mercusuarmu menjulang tinggi, lalu serulah manusia menujunya.
Wahai Allah, hidupkanlah kerangka amalku dengan pancaran ikhlas.
Bermanfaatkah kesendirianmu dengan ciptaan sedang di hatimu terdapat
ciptaan itu ? Tidak sekali kali tidak, bahkan tak ada mulia bagimu atas
kesendirianmu. Apabila engkau menyendiri, tetapi ciptaan tetap tegar
dalam hati, berarti engkau berdiam sendiri tanpa berjinak bersama Allah,
bahkan yang menguntitmu adalah nafsu, syetan dan hawa.
Jika di hatimu tetap berisi kejinakan bersama Dia hancurlah
dinding-dinding keangkuhan dan sorot pandang yang mengarah pada
kebenaran, maka tinggalah engkau melihat keutamaan dan perbuatan-Nya.
Dari sini engkau mantap rela kepada-Nya bukan yang lain.
Barang siapa yang setiap keberadaanya bersama ketentuan syariat tanpa
ada rasa tamanni, apa yang lebih tinggi atau yang lebih rendah, atau
kelenyapan dan ketetapannya, sungguh ia menghasilkan persyaratan rela,
bersesuaian dan penghambaan.
Meskipun iman dan itikadmu baik, sesungguhnya Dia tetap melihatmu, dekat
denganmu, dan mengawasimu. Mengapa engkau tidak malu kepada-Nya ?
Sungguh aku berkata benar, aku tidak takut denganmu, aku tidak
mengharapkamu. Bagiku engkau dan seluruh penduduk bumi hanya seperti
kepinding dan semut, karena madharat dan manfaat datang dari Allah,
bukan dari engkau. Kekuasaan dan penguasa bagiku sama seperti yang aku
contohkan, ingkari dirimu dan yang lain dengan ketentuan syariat bukan
dengan hawa nafsu atau tabiat.
Betapa tenang syariat darinya maka ikutilah dalam ketenanganya. Ketika
ia berbicara dengannya, ikutilah pembicaraanya. Camkanlah, dunia boleh
engkau genggam, boleh engkau kantongi, boleh engkau simpan asalkan di
sertai niat baik, tetapi jika sampai tertanam di hati, berhentilah
jangan masuk dari pintu belakang sebab hal itu tidak membawa kemuliaan
bagimu. Apabila seseorang lepas dari permasalahan ini atau ciptaan lain,
seakan dirinya terhapus dari pandangan dunia itu, tatkala bencana
datang, batinnya tetap tegar tidak bergetar, bahkan kalau ketentuan
Allah datang, ia segera melaksanakannya, ketika larangan yang datang, ia
segera menahannya.
Janganlah bertamanni sesuatu atau loba atasnya, kehendak akan keberadaan
yang sempat masuk di terima hati dapat membakhilkan pandangan.
Dimana kalian, wahai pengkhianat ilmu dan amal, wahai musuh Allah dan
rasul-Nya, wahai pemutus penghambaan kepada Allah, sungguh kalian dalam
kepekatan yang jelas munafik. Sedemikiankah sifat munafikmu, sampai
kapan sandiwara ini akan berakhir ?
Wahai ulama, wahai zuhud, rupanya kalian senjata bagi pemunafik dan para
penguasa sampai kalian tak malu-malu lagi mengambil barang-barang
mereka yang tak laku di dunia meliputi syahwat dan kenikmatannya. Kalian
dan sebagian penguasa di zaman ini adalah tipe-tipe manusia penganiaya,
pengkhianat atas kekayaan Allah yang diperuntukkan untuk hamba-Nya.
Semoga kita bisa selalu dan konsisten menjaga hati yang mudah terbolaik
balik ini dan selalu berusaha membersihkan Hati serta Menjaga Hati agar
memancarkan Hikmah.